Panen Padi Demplot Pemupukan Berimbang PT. PKT di Desa Jaro Mampu Menaikkan Hasil Ubinan

Print Friendly

 photo 20160419_140640_zpsrcph6eut.jpg

TABALONG—PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) melaksanakan panen padi demplot Pemupukan berimbang 500 kg organik, 300 kg NPK Pelangi Agro, 200 kg Urea di desa Jaro, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Selasa 19 April 2016. Hasil ubinan yang didapat yaitu 5,7 kg gabah kering panen (GKP) pada perlakuan pertama dan 5,6 kg pada perlakuan kedua, meningkat dari hasil sebelumnya yakni, dibawah 5,2 kg per hektare GKP. Panen tersebut merupakan serangkaian program demplot pola pemupukkan berimbang pada tanaman padi sawah dari PKT yang bekerja sama dengan penyuluh pertanian WKPP Jaro, dengan menggunakan dosis pemupukan berimbang di lahan sawah milik anggota Kelompok Tani TANI MEMBANGUN.
“Luas lahan sekitar satu hektare itu dibagi menjadi dua dengan perlakuan berbeda, perlakuan pertama menggunakan 500 kg Organik , 300 kg NPK Pelangi, 200 kg urea dan Zinc dan perlakuan kedua seluas 0,5 Ha mengunakan dosis sama namun tanpa zinc” kata penyuluh pertanian WKPP Jaro Yana Mulyana, SP.Ia menambahkan, varietas yang digunakan adalah Ciherang, dengan cara tanam jajar legowo 2 : 1
Menurut staf dari PT. PKT wilayah kalsel Mugri, program demplot pemupukan berimbang ini merupakan usaha untuk meningkatkan produktivitas padi yang selama ini terkendala aspek pemupukan yang menggunakan pupuk tunggal. “Di mana, petani sebagian besar hanya menggunakan pupuk urea dan SP-36 saja, dan tidak menggunakan pupuk KCl karena bukan termasuk pupuk yang disubsidi pemerintah sehingga harganya mahal,” katanya.
Dengan hanya melakukan pemupukan menggunakan pupuk urea dan SP-36 saja, maka kebutuhan akan unsur hara makro utama N, P, dan K tidak dapat terpenuhi. Melalui demplot yang bekerjasama dengan penyuluh pertanian, maka petani bisa melihat secara langsung manfaat dari penggunaan pemupukan berimbang. “Dengan begitu, dapat meningkatkan hasil panen. Sehingga dari pelaksanaan demplot tersebut, diharapkan petani dapat menerapkan pola pemupukan berimbang dengan dosis organic tersebut,” tuturnya. Hadir pula dalam panen ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Tabalong Ir. H Mohamad Mugeni MM dan Kasubid Penyuluhan H. Abdullah Majidi, SP MMA, Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura kabupaten Tablong Ir. Chazairin, staf Balai Proteksi Tanaman Pangan dan hortikultura prov. Kalsel, Kepala unit pemasaran PT. Pupuk Kaltim wilayah kalsel dan staf, Camat Jaro, kepala BPP, Penyuluh pertanian se kecamatan Jaro, POPT, babinsa, polsek, kepala desa Jaro, serta para petani di kecamatan Jaro.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

Leave a Reply