Bakorluh Kalsel Berpartisipasi Dalam Rangka Pertemuan Penyusunan Program Dan Kegiatan Tahun 2016 Satker Lingkup BPPSDMP Melalui E-Proposal

IMG_20150205_0915354
Print Friendly

Ciawi-Bogor, 05 Februari 2015,

Penyuluhan Pertanian  merupakan pemberdayaan petani dan keluarganya beserta masyarakat pelaku agribisnis melalui kegiatan pendidikan non formal di bidang pertanian agar mereka mampu menolong dirinya sendiri, baik di bidang ekonomi, sosial maupun politik sehingga peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka dapat dicapai.

Dalam UU RI No. 16, tentang SP3K, Tahun 2006 disebutkan bahwa sistem penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan seluruh rangkaian pengembangan kemampuan, pengetahuan, keterampilan serta sikap pelaku utama (pelaku kegiatan pertanian) dan pelaku usaha melalui penyuluhan. Penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan adalah suatu proses pembelajaran bagi pelaku utama (pelaku kegiatan pertanian) serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Dalam rangka menunjang pelaksanaan penyuluhan dilapangan tentunya Sistem penganggaran terpadu berbasis kinerja memerlukan pengaturan sistem  dan mekanisme perencanaan pembangunan nasional dan daerah serta mengakomodasi peranan daerah yang lebih besar terhadap perencanaan pembangunan. Peran daerah yang lebih besar dalam proses perencanaan akan menghadirkan rasa memiliki serta tanggung jawab, yang kemudian diharapkan akan dapat meningkatkan efisiensi serta efektivitas pelaksanaan kegiatan.  Salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan adalah dengan dibangunnya sistem e-proposal. e-proposal merupakan salah satu bagian penting dalam e-planning yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian.

e-proposal adalah aplikasi yang dibangun untuk mendukung sistem  bootom-up planning yang efektif dan efisien di Kementerian Pertanian.  Dengan adanya  e-proposal   akan mampu menjelaskan kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang ditargetkan, lengkap dengan daya dukung yang akurat dan legalitas dari dinas terkait.  Sistem e-Proposal memiliki beberapa tujuan antara lain: (1) menjaring sebanyak mungkin usulan-usulan dari daerah yang potensial untuk dikembangkan, mempercepat pengiriman data proposal dari seluruh Kab/Kota dan provinsi (3) memperkuat peran SKPD provinsi sebagai koordinator mekanisme perencanaan satu pintu (4) mempercepat proses penilaian  proposal oleh tim pusat (5) meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengalokasian anggaran pemerintah Kab/Kota dan provinsi di seluruh Indonesia (6) mendukung upaya hemat barang persediaan (paperless)dan pengelolaan data base lebih baik (7) mendukung percepatan Reformasi Birokrasi  dimana usulan-usulan dari daerah akan diproses di pusat dengan  transparan dan akuntabel. Kebijakan perencanaan program/kegiatan Kementan ke depan  disusun dengan proposal  daerah  yang  penyampaiannya tidak disusun dengan proposal fisik melainkan melalui e-proposal yang dirancang terpadu di lingkup Kementan (RKPD).

Berdasarkaan Surat Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian Nomor: 534/TU.020/J.1/I/2015 tanggal 22 Januari 2015 perihal Penyusunan Usulan Program dan Kegiatan Tahun 2016 Satker Lingkup BPPSDMP melalui E-Proposal. Bertempat di Komplek Tirta PPMKP Ciawi, Bogor Jl. Raya Puncak Km.11 Ciawi, Bogor Telp. 0251 8240149 Provinsi Jawa Barat dilaksanakan pertemuan selama 4 hari pada tanggal 04 sd 07 Februari 2015.

Pada kesempatan tersebut yang mewakili Sekretariat Bakorluh Kalsel berhadir pada acara tersebut yaitu Ir. Bahriansyah (Kasubbag. Kerjasama), Yudha Shandy Shofatah, SP ( Staf Subbag. Perencanaan) dan Fahrul Zani, SST (Staf Subbag. Pembinaan SDM Penyuluhan) dan sampai saat ini kegiatan terus berlangsung dalam rangka penyusunan program tahun 2016.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan efektif dalam rangka peningkatan penyelenggaraan penyuluhan pertanian di daerah khususnya provinsi Kalimantan Selatan. (Fz)

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

Leave a Reply