FORUM TEKNIS PENYULUH PERIKANAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2015

Pembukaan Forum Teknis Penyuluh Perikanan Prov. Kalsel 2015
Print Friendly

Penyuluhan perikanan mempunyai kedudukan yang strategis dalam pembangunan perikanan, karena mempunyai tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan pendidikan non formal bagi pembudidaya, pengolah ikan, dan nelayan beserta keluarganya, serta anggota masyarakat lainnya. Keberhasilan proses penyuluhan ditindai timbulnya partisipasi aktif dari pelaku utama dan pelaku usaha di bidang perikanan (masyarakat sasaran), sehingga dalam pengembangan penyuluhan ke depan harus diarahkan pada model yang berpusat pada manusia, dimana peran penyuluh dalam proses penyuluhan adalah sebagai relasi yang berorientasi pada masyarakat sasaran.
Penyuluhan Perikanan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha dalam bidang perikanan agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumberdaya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraan, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas dan dalam rangka mendukung keberhasilan pembangunan perikanan, maka dipandang perlu untuk menyelenggarakan Forum Teknis Penyuluh Perikanan Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan .
Forum Teknis Penyuluh Perikanan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 1-2 April 2015, bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Prov. Kalsel, di Banjarbaru. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Bakorluh Prov. Kalsel, Ir. H. Nor Efrani. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa penyuluh perikanan sebagai agen perubahan harus melek teknologi atau mengikuti perkembangan informasi dan teknologi (IT), sehingga informasi dapat diterima dan disebarkan dengan cepat.
Peserta pada Forum Teknis Penyuluh Perikanan ini berjumlah 30 orang,terdiri dari Penyuluh Perikanan PNS Provinsi, Penyuluh Perikanan PNS Kabupaten/Kota, dan petugas dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan yang membidangi penyuluhan.
Materi yang disampaikan pada Forum Teknis Penyuluh Perikanan ini antara lain :
– Kebijakan dan Strategi Penyuluhan Perikanan di Provinsi Kalimantan Selatan (Sekretaris Bakorluh Prov. Kalsel),
– Sosialisasi PERMEN KP No. 30 Tahun 2014 tentang Mekanisme Kerja dan Metode Penyuluhan Perikanan (Pusluh KP),
– Sosialisasi Peraturan Presiden No. 169 Tahun 2014 dan Surat Edaran (SE) Menteri Keuangan No.05 Tahun 2015 tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan (Pusluh KP),
– Sosialisasi PERMEN KP No. 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela/Trawls dan Pukat Tarik/Seine Nets (Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Kalsel),
– Sosialisasi PERMEN KP No. 1 Tahun 2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting, dan Rajungan (Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Banjarmasin),
– Teknik Pemberian Pakan Ikan dengan Penambahan Probiotik pada Budidaya Ikan (Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin), dan
– Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan secara Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan (Penyuluh Perikanan Prov. Kalsel).
Dari forum ini diharapkan akan dapat diperoleh gambaran kemajuan, isu-isu strategis, dan permasalahan yang dihadapi serta solusinya, khususnya yang berkaitan dengan tugas dan fungsi penyuluh perikanan.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

One Response to “FORUM TEKNIS PENYULUH PERIKANAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2015”

  1. Wahyudi Andri mengatakan:

    Terima kasih telah berkunjung di website setbakorluh Kalsel.
    selamat berkarya..

Leave a Reply