Set.Bakorluh Kalsel Mengikuti Bimtek Pendampingan Pengembangan Kelas Kelompok Pelaku Utama Perikanan Mandiri 2015

IMG_20150414_111510
Print Friendly

Penyuluhan Perikanan merupakan proses pembelajaran dalam rangka peningkatan kapasitas kemampuan para pelaku utama dan/atau pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan untuk mengorganisasikan dirinya dalam mengembangkan bisnis perikanan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya dengan tetap memperhatikan pelestarian fungsi lingkungan hidup. Dalam implementasinya telah ditempuh berbagai kebijakan salah satunya melalui revitalisasi penyuluhan perikanan dengan menata kembali sistem kelembagaan penyuluhan perikanan.
Pada dasarnya, kelembagaan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU. Nomor 16 Tahun 2006 tentang SP3K, terdiri atas kelembagaan penyuluhan pemerintah, swasta, dan swadaya. Mengingat saat ini di masyarakat telah tumbuh dan berkembang berbagai kelembagaan pelaku utama perikanan, tetapi kelembagaan tersebut masih didominasi oleh usaha perikanan kecil yang dikelola masyarakat secara tradisional , lokasinya tersebar parsial, dan kurang memiliki kompetensi antara satu usaha dengan usaha lainnya, dikelola dengan manajemen yang kurang baik, serta sulitnya mengakses informasi, teknologi, dan permodalan dan belum terintegrasi dengan baik. Untuk itu diperlukan adanya sentuhan dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam bentuk fasilitasi dan pemberdayaan kelembagaan pelaku utama perikanan melalui pengelolaan dan pembenahan kelembagaan pelaku utama perikanan sehingga diharapkan menjadi sebuah organisasi yang kuat dan mandiri serta mampu mencapai tujuan yang diharapkan anggotanya.
Salah satu bentuk fasilitasi Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan kelembagaan pelaku utama perikanan dapat dilaksanakan melalui inisiasi dan kemandirian dalam pengembangan kegiatan penyuluhan perikanan. Dalam pelaksanaan pemberdayaan terhadap kelembagaan pelaku utama perikanan diperlukan adanya kesamaan pengertian, gerak, dan bahasa pada kondisi dan tempat yang berbeda.
Dengan terbitnya Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.14/MEN/2012 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan sudah saatnya kelembagaan pelaku utama perikanan untuk diidentifikasi, ditumbuhkan, dikembangkan, dan dilakukan penilaian untuk peningkatan kelas kelompok.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk :
1. Menyamakan persepsi penyuluh perikanan tentang penilaian kelas kelompok pelaku utama kelautan dan perikanan berdasarkan KEPMEN No. 14 Tahun 2012 tentang Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama;
2. Menyamakan persepsi penyuluh perikanan tentang penilaian kelas menuju kelompok perikanan mandiri (Madya dan Utama) berdasarkan Petunjuk Teknis Menuju Kelompok Perikanan Mandiri;
3. Melakukan simulasi penumbuhan dan penilaian kelas kelompok pelaku utama perikanan.
Kegiatan Bimtek Pendampingan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 13 s.d 15 April 2015, bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penyuluhan KP, didampingi Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan, dan Sekretaris Bakorluh Prov. Kalsel. Peserta pada kegiatan Bimtek ini berjumlah 30 orang penyuluh perikanan PNS dari Provinsi Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kaltara, dan penyuluh perikanan pusat.
Materi yang disampaikan pada Bimtek Pendampingan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan ini antara lain :
– Kebijakan Penyuluhan KP dalam mendukung pembangunan sektor kelautan dan perikanan (Kapusluh KP);
– Implementasi penumbuhan dan pengembangan kelembagaan pelaku utama perikanan di Kalimantan Selatan (Sekretaris Bakorluh Kalsel);
– Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.14/MEN/2012 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan (Kabid. Kelembagaan dan Ketenagaan Pusluh KP);
– Sosialisasi petunjuk teknis menuju kelompok mandiri (Kasubbid. Kelembagaan Pusluh KP);
– Model perkembangan usaha kelompok pelaku utama perikanan (Penyuluh perikanan pusat);
– Pembukuan kelompok pelaku utama perikanan (Penyuluh perikanan pusat);
– Sosialisasi Peraturan Menteri KP dan lainnya (Penyuluh perikanan pusat).
Dari kegiatan bimtek ini diharapkan akan dapat diperoleh persamaan persepsi penyuluh perikanan tentang penilaian kelas kelompok pelaku utama kelautan dan perikanan berdasarkan KEPMEN Nomor 14 Tahun 2012, persamaan persepsi penyuluh perikanan menuju kelompok perikanan mandiri berdasarkan Petunjuk Teknis Menuju Kelompok Mandiri, dan terlaksananya simulasi penumbuhan dan penilaian kelas kelompok berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.14/MEN/2012 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

Leave a Reply