Aplikasi Internet Untuk Penyuluh Kenapa Tidak?

Peserta mempraktekan dengan serius pada kegiatan Pelatihan Internet untuk Penyuluh
Print Friendly

Tabalong – Hari ini selama dua hari dari tanggal 26 – 27 mei 2015 berlangsung kegiatan pelatihan aplikasi internet untuk peningkatan kapasitas tenaga penyuluh di Kabupaten Tabalong. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan penyuluh pertanian dalam pemanfaatan internet/informasi teknologi yang berkaitan dengan kegiatan penyuluhan.

Kegiatan yang dibuka resmi oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kab. Tabalong ini diikuti peserta dengan sangat antusias, meskipun terdapat beberapa kendala diantaranya sarana prasarana kegiatan yang masih minim seperti koneksi jaringan yang tidak stabil dan daya listrik yang masih rendah. Namun hal ini tidak menyurutkan peserta kegiatan untuk mengikuti acara sampai tuntas. Tentu saja kendala ini diatasi segera oleh panitia pelaksana kegiatan dengan sigap sehingga acara kembali berlangsung lancar.

Kegiatan yang bertempat di aula BKP3 Kab. Tabalong ini diikuti peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari KJF Kabupaten, penyuluh kecamatan, admin SMIPP Kecamatan, serta koordinator BP3K dan THL TB dengan materi meliputi kebijakan sistem manajemen informasi penyuluhan pertanian, aplikasi SIMLUHTAN untuk data dasar penyuluh, pemanfaatan cyber extension sebagai pustaka digital, teknik penulisan berita untuk website atau cyber extension dengan metode mind mapping, membuat laporan diagram grafik data penyuluhan dari aplikasi simluh dan optimalisasi smartphone android untuk kegiatan penyuluhan.

Pada kesempatan itu peserta menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan bisa menambah keterampilan bagi penyuluh pertanian kabupaten tabalong untuk itu kegiatan ini bisa dilaksanakan pada tahun depan mengingat belum semua penyuluh pertanian mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan serupa.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

One Response to “Aplikasi Internet Untuk Penyuluh Kenapa Tidak?”

  1. Penyuluh Hebat mengatakan:

    Penyuluh Desa walaupun bidup dan tinggal di Desa sudah tidak boleh kalah informasi dengan orang kota. Hebat sekali penyuluh Kab Tabalong. Bangga kami untuk anda. Gunakan desempatan ini dengan sebaik-baiknya. Amin

Leave a Reply