Rapat Koordinasi Upsus Padi, Jagung dan Kedelai Tingkat Provinsi Tahun 2015

Narasumber Sedang memaparkan materi
Print Friendly

Dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan (Padi, Jagung dan Kedelai), Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai tugas mengawal program percepatan pencapaian swasembada pangan (Padi, Jagung dan Kedelai) mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Kecamatan serta desa.

Untuk pencapaian swasembada berkelanjutan padi dan jagung serta swasembada kedelai, penyuluh menjadi unsur penting dalam menggerakkan para petani pelaku utama untuk dapat menerapkan teknologi. Penyuluh merupakan salah satu faktor penggerak bagi para petani ( pelaku utama) dan dapat berperan aktif sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator dalam rangka terlaksananya kegiatan upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dalam pencapaian swasembada berkelanjutan padi dan jagung serta swasembada kedelai.

Adapun Pertemuan/Rapat  Koordinasi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kegiatan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan SDM Pertanian , dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 Mei 2015, bertempat di Hotel Rahayu, Banjarbaru. Pertemuan/Rapat  Koordinasi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kegiatan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan SDM Pertanian  Tahun 2015 dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran  Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan Nomor : 711/Bakorluh-DK.08/V/2015 Tanggal 11 Mei 2015 tentang Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi, Kegiatan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan SDM Pertanian  Tahun 2015.

Dan Tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi upsus padi, jagung dan kedelai tingkat Provinsi Tahun 2015 ini adalah :

  1. Melakukan sinkronisasi kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di provinsi termasuk kegiatan pengawalan dan pendampingan penyuluh di lokasi sentra padi, jagung dan kedelai.
  2. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan dan menyusun rencana kerja pengawalan dan pendampingan penyuluh di lokasi sentra padi, jagung dan kedelai di tingkat provinsi.
  3. Menyampaikan rancangan sinergitas kegiatan penyuluhan pertanian dengan Bappeluh/ dinas/ instansi terkait.

Narasumber Sedang memaparkan materi

Bukan hanya itu, tetapi rapat koordinasi  ini juga menargetkan  Sasarannya, yaitu : Kelembagaan Penyuluhan Kabupaten/ Kota, Komisi Penyuluhan Pertanian Provinsi, Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan dengan total peserta sebanyak 65 orang.

Yang dimana demi  :

  1. Tersosialisasinya kegiatan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan SDM Penyuluhan TA. 2015 kepada penanggungjawab kegiatan di tingkat provinsi dan kabupaten/ kota.
  2. Tersosialisasinya tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluhan di Lokasi Sentra Produksi.
  3. Tersusunnya rencana kegiatan penyuluhan dalam rangka mendukung percepatan pencapaian swasembada padi, jagung, dan kedelai khususnya kegiatan pengawalan dan pendampingan pelaksanaan GP-PTT, RJIT, dan POL yang disinergikan dengan kegiatan dari Dinas Teknis lingkup pertanian tingkat Provinsi, Bapeluh/ Kelembagaan yang membidangi penyuluhan pertanian, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi.

Adapun Materi dan Pembahasan dalam rapat koordinasi upsus padi, jagung dan kedelai tingkat Provinsi Tahun 2015 adalah (1) Pedoman Umum Pengawalan dan Pedampingan Penyuluh Dalam Upaya Khusus Peningkatan Poduksi Padi, Jagung dan Kedelai yang disampaikan oleh Ir. I Wayan Ediana (2) Alokasi Kegiatan dan Perkembangan Pelaksanaan Program/ Kegiatan Peningkatan Produksi, Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) di Kabupaten/ Kota Tahun 2015 yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Selatan (3) Pedoman Umum Pendampingan Mahasiswa Dalam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pendidikan, Standardisasi dan Sertifikasi Profesi Pertanian. (4) Pelaksanaan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluh di Lokasi Sentra Padi, Jagung dan Kedelai Kalimantan Selatan 2015, Jadwal Rencana Operasional Kegiatan Pengawalan dan Pendampingan Penyuluh di Lokasi Sentra Padi, Jagung dan Kedelai pada 13 Kab/ Kota dan Tatacara pelaksanaan Administrasi  Pertanggung jawaban Keuangan yang disampaikan oleh Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Kalimantan Selatan.

You can leave a response, or trackback from your own site.
Budidaya Lele
Penghargaan Nasional
Foto Bersama
Latihan dan Kunjungan
Rakorhut
Kunjungan Kerja Sekretaris Bakorluh Prov Kalsel

Leave a Reply